Sunday, March 4, 2012

Laporan Keuangan

Untuk mengetahui perkembangan maju dan mundurnya suatu usaha maka dibuatlah suatu laporan keuangan. Laporan keuangan adalah  sekumpulan informasi keuangan perusahaan dalam suatu periode tertentu yang disajikan dalam bentuk laporan sistematis yang mudah dibaca dan dipahami oleh semua pihak yang membutuhkan. Laporan keuangan tersebut  pada  umumnya  disajikan  pada  akhir  periode  atau  per  tanggal  31 Desember   tahun   yang   bersangkutan.   Laporan   keuangan perusahaan terdiri dari:


1.      Laporan Laba / Rugi

Laporan laba / rugi adalah suatu gambaran keadaan keuangan perusahaan yang dapat menentukan apakah perusahaan memperoleh keuntungan atau menderita kerugian yang disajikan selama periode tertentu. Laporan keuangan untuk perusahaan jasa terdiri dari 2 golongan yaitu pendapatan jasa dan beban usaha. Keuntungan perusahaan dihitung selisih antara jumlah pendapatan jasa lebih besar dengan beban usaha. Sebaliknya perusahaan menderita kerugian maka dihitung selisih jumlah antara jika pendapatan jasa lebih kecil dari pada beban usaha.

2.      Laporan Perubahan Ekuitas

Laporan perubahan ekuitas merupakan suatu gambaran keadaan keuangan perusahaan dalam menentukan apakah ekuitas perusahaan memperoleh peningkatan atas penurunan yang disajikan pada saat tertentu. Laporan perubahan ekuitas tersebut menggambarkan modal awal periode (begining capital).

Kenaikan  modal  dihitung  dari  moda  awal  ditambah  laba  bersih  (net profit). Penurunan modal dihitung moda awal dikurangi rugi bersih (net lost). Kemudian modal akhir periode  (ending capital) dihitung dari kenaikan modal dikurangi pengambilan prive.

3.      Laporan Arus Kas

Laporan arus kas menggambarkan jumlah kas masuk dan jumlah kas keluar dalam  suatu  periode  tertentu.  Aktivitas  usaha  akan  menghasilkan  arus  kas masuk bersih (bila penerimaan kas lebih besar dari pengeluaran kas), serta arus kas keluar bersih (bila penerimaan kas lebih kecil dari pengeluaran kas). Laporan arus kas menggambarkan kenaikan atau penurunan bersih kas yang dimiliki oleh perusahaan selama periode berjalan serta saldo kas yang dimiliki perusahaan pada akhhr periode.

4.      Neraca atau Laporan Posisi Keuangan

Neraca adalah suatu gambaran keadaan posisi keuangan perusahaan yang disajikan pada saat tertentu yang digolongkan dalam 3 golongan yaitu harta (assets), utang (liabilities), dan ekuitas (capital). Neraca yang benar harus menunjukkan jumlah harta sama dengan jumlah kewajiban ditambah jumlah ekuitas.

5.      Catatan atas Laporan Keuangan

Umumnya terbagi atas 2 bagian, yaitu:

a.       Informasi Umum, meliputi nama dan alamat lengkap perusahaan, dokumen perijinan (Akta Pendirian, susunan pemilik atau pemegang saham, komposisi pemilikan modal, susunan pengurus, dan sebagainya).

b.      Kebijakan Akuntansi, meliputi prinsip-prinsip, dasar-dasar, konvensi, metode, sistim dan prosedur yang digunakan manajemen dalam penyusunan dan penyajian laporan keuangan.

No comments:

Post a Comment